Bupati Malang dan Wabup Malang Sholat Ied di Masjid Agung Baiturrahman Kota Kepanjen

KEPANJEN - Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, M.M bersama Wakil Bupati Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH.MH melaksanakan ibadah Sholat Idul Fitri (Ied) 1445 H di Masjid Agung Baiturrahman, Kota Kepanjen, Rabu (10/4) pagi. Turut hadir pada acara ini Dandim 0818 Kabupaten Malang serta jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Ketua I TP PKK Kabupaten Malang, Jajaran Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malang, Rois Suryah PCNU Kabupaten Malang, Camat dan Muspika Kepanjen serta seluruh masyarakat di wilayah Kota Kepanjen. Dalam kesempatan ini, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Malang, Bupati Malang mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh umat Islam yang ada di Kabupaten Malang, khususnya jamaah Sholat Ied di Masjid Agung Baiturrahman dan umat muslim di Kota Kepanjen.

''Dalam kesempatan ini saya mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Apabila selama tiga tahun dalam memimpin Kabupaten Malang ada kekurangan dan belum terpenuhi kepada masyarakat Kabupaten Malang khususnya masyarakat Kepanjen. Mudah-mudahan tahun ke depannya semua program-program kabupaten Malang bisa berjalan dengan baik sehingga membawa masyarakat Kabupaten Malang menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur dan masyarakatnya menjadi masyarakat sejahtera dan makmur. Terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Malang yang telah bahu membahu bersatu mendukung tugas-tugas pemerintahan, utamanya dalam pemilihan presiden dan legislatif kemarin yang semuanya berjalan aman dan lancar," jelas Bupati Malang mengawali sambutan dan menyapa jamaah yang hadir di Masjid Agung Baiturrahman Kepanjen.

Sementara itu, dalam sambutan tertulis, Beliau menyebut pada pagi hari ini seluruh kaum muslimin bersama-sama mengumandangkan takbir, tahlil, dan tahmid, untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT, yang telah membawa sampai pada puncak kemenangan dan kebahagiaan, di Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 Masehi. Lebih dari itu, kebahagiaan dan kenikmatan yang dirasakan hari ini, merupakan wujud kemenangan karena semata-mata menjadikan Bulan Suci Ramadhan sebagai momentum untuk memperoleh pahala, rahmat dan magfiroh dari Allah SWT, sehingga mampu menjadi insan yang lebih baik dari sebelumnya. Terlebih lagi, kehadiran Bulan Suci Ramadhan tahun ini juga terasa begitu spesial, karena Ramadhan 1445 Hijriyah diantara dua agenda besar Nasional, yakni Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang telah usai dilaksanakan Februari lalu, serta Pemilihan Kepala Daerah Serentak yang rencananya akan diagendakan pada November 2024 mendatang.

''Kiranya momen Idul Fitri kali ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai kesempatan emas untuk merajut kembali silaturahmi, kebersamaan, dan kekeluargaan yang mungkin terpengaruh selama kontestasi politik yang telah kita lalui pada awal tahun 2024 ini. Untuk itu, pada kesempatan inilah mari sejenak kita lupakan berbagai silang pendapat, kesalahpahaman, dan perselisihan yang mungkin selama ini terjadi diantara kita. Karena hari ini adalah hari yang istimewa, hari dimana kita berkesempatan untuk mengakui kesalahan kita, yang dibarengi pula dengan ketulusan untuk saling memaafkan. Semoga keikhlasan dan kemurahan hati kita untuk saling memaafkan segala salah dan kekhilafan, dapat membawa keberkahan dan mampu mengembalikan kita pada fitrah sebagai manusia yang sesungguhnya. Aamiin," jelas Bupati Malang.

Selanjutnya, sebelum mengakhiri sambutan ini, ada beberapa pesan disampaikan diantaranya: terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, yang telah bersama-sama menciptakan suasana nyaman, aman, dan kondusif, baik pada saat menyukseskan Pemilu pada Februari lalu, maupun selama Bulan Ramadhan 1445 Hijriyah/2024 Masehi. Harapannya, segala kontribusi positif, dan sumbangsih yang telah diberikan akan menjadi ladang amal jariyah, serta dinilai sebagai kebaikan dihadapan Allah SWT. Beliau juga menyebut, di hari yang mulia ini selain saling memaafkan sesama, mari merajut dan perkuat kembali ukhuwah dengan saling berkunjung, saling berkabar, saling membantu, dan saling mengingatkan dalam berbagai kebaikan. Perlu diingat, bahwa apa yang telah dilalui selama satu tahun ini, dijadikan sebagai pelajaran berharga, untuk membuka lembaran kehidupan baru yang lebih baik kedepannya. Serta, dalam rangka menyukseskan agenda Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 mendatang, mari perkokoh persatuan dan kesatuan antar seluruh elemen masyarakat, sehingga dapat terhindar dari segala hal yang berpotensi menjerumuskan pada ke-mudhorot-an.

''Mari kita waspadai pula akan isu-isu negatif, adu domba, dan segala hal yang dapat merugikan diri kita, maupun masyarakat luas. Keempat, saya juga berharap kontribusi, dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat dalam setiap program kegiatan pembangunan yang berlangsung di Kabupaten Malang dapat terus ditingkatkan, demi terwujudnya Kabupaten Malang yang MAKMUR (Maju, Agamis, Kreatif, Mandiri, Unggul, dan Responsif). Semoga dengan ridho Allah SWT, wilayah Kabupaten Malang yang kita cintai ini dapat kita bangun bersama, kita jaga bersama, dan kita rawat bersama, demi terwujudnya cita-cita kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Aamiin. Mudah-mudahan Hari Raya Idul Fitri ini mendatangkan rahmat dan hidayah bagi kita semua. Akhirnya, saya atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Malang dengan hati yang tulus dan jiwa yang ikhlas mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, Minal’Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah kita, memberikan bimbingan dan kemudahan dalam setiap urusan untuk menuju jalan kesuksesan dunia akhirat, serta memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat dipertemukan kembali dengan Ramadhan yang akan datang," harap Bupati Malang. (prokopim/poy)

Share this Post: